Akselerasi Perkembangan  Sepak Bola Jember, BUPATI HENDY dan Ketua Askab Tri Sandi Melecut Kiprah Banyak Pihak

Akselerasi Perkembangan Sepak Bola Jember, BUPATI HENDY dan Ketua Askab Tri Sandi Melecut Kiprah Banyak Pihak

jareku.id

PERSEPAKBOLAAN di Kabupaten Jember terlecut. Setidaknya lebih sepekan kemarin banyak digelar turnamen sepak bola. Mulai di tingkat kecamatan hingga sepak bola wanita.

“Salut saya jika perhatian dan pembinaan serius Bupati Hendy dan Ketua Askab Jember untuk pengembangan Persid Jember. Kalau sepak bola wanita saya kurang setuju. Bagaimanapun Jember tergolong kota santri,” ujar Haji Syehan Mabrur, Sabtu (30 Oktober 2021).

Tetapi Haji Syehan, pengamat bola dan pernah tekun membina klub PS.Sumber Alam Tanggul itu merasa salut pada Bupati Hendy Siswanto dan Tri Sandi Apriana, Ketua Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (ASKAB) Jember yang gigih berupaya memajukan sepak bola, dengan berbagai cara.

Sebagaimana dilansir KOMPAS.com beberapa hari lalu, sejumlah camat di Kabupaten Jember diminta sumbangan oleh Tri Sandi Apriana, Ketua ASKAB Jember yang juga menantu Bupati Hendy Siswanto.

Target partisipasi sumbangan sukarela itu untuk menopang dan memajukan sepak bola di Jember yang selama ini terpuruk.

Para camat itu dikumpulkan dan sepakat memberikan donasi melalui Askab.

Camat Jenggawah Roni Herman Baza mengatakan, sumbangan itu bersifat donasi dan seikhlasnya. Tiidak ada paksaan. “Bagi yang mau silahkan donasi, yang tidak mau ya silahkan,” katanya, kepada Kompas.com via telepon Rabu (27/10/2021).

Dikatakan, sumbangan itu untuk mendukung kemajuan sepak bola di Jember. Sebab, Askab sendiri akan menggelar kompetisi. Nanti akan ada turnamen antar kecamatan yang merupakan program Askab.

Camat Roni menambahkan, beberapa hari lalu sudah digelar turnamen sepak bola. Tetapi hanya berlangsung di lima kecamatan, yakni di Kalisat, Ambulu, Tanggul, Patrang dan Ajung. Parra camat semua sepakat karena memiliki kekompakan dan keinginan yang sama untuk memajukan sepak bola Jember.

Tri Sandi Apriana yang anggota DPRD Jember tegas bahwa tidak ada paksaan soal donasi sukarela. Ia hanya mengacu pada Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional. “Kepala daerah se Indonesia pun dikumpulkan sama Menpora, kami hanya melanjutkan sosiliasi instruksi presiden,” tuturnya.

Bupati Haji Hendy dan istrinya, Hj.Kasih Fajarini sedang asik nonton sepak bola wanita
Bupati Haji Hendy dan istrinya, Hj.Kasih Fajarini sedang asik nonton sepak bola wanita

Mengumpulkan para camat itu hanya langkah awal. Selanjutnya dia akan mengundang kepala desa, BUMN, sektor swasta dan dinas. Semua bisa jadi donatur. Yang penting harus ada transparansi.

Semangat melecut persepakbolaan di Jember terlihat saat Bupati Hendy dan Ketua Tim Penggerak PKK Dra.Hj. Kasih Fajarini meberikan Piala Juara Sepak Bola wanita, Senin (25 Oktober 2021).

Bupati Hendy menyatakan Jember ini gudangnya atlet.juara. Sebab itu para atlet sepak bola wanita di Jember ini harus giat berlatih. Supaya bisa mengharumkan Kabupaten Jember. Apalagi jumlah atlet sepak bola wanita sangat sedikit.

Secara berurutan juara sepak bola wanita itu adalah Juara I: Kesebelasan Bina Bola Semboro, II: Jember Putri, III: Bima Sakti Ambulu dan IV: Putri Kalisat. /// Ghani

Headline