Bupati Hendy Dukung Lapas Jember Overkapasitas Untuk Relokasi Ke Sumbersari

Bupati Hendy Dukung Lapas Jember Overkapasitas Untuk Relokasi Ke Sumbersari

JEMBER – jareku.id: Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto menerima kunjungan silaturahmi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Jember, Sarwito di Pendopo Wahyawibawagraha, Sabtu (17/07/2021).

Mengenai over kapasitas, saya beberapa waktu lalu pernah berpesan kepada pak Yandi agar Lapas bisa dipindahkan ke Sumbersari dengan lokasi yang lebih luas lagi dan Lapas ini akan kami ubah menjadi Museum dan Gedung Seni,” pungkasnya

Rencana Bupati Jember Hendy Siswanto untuk membangun alun-alun kota Jember menjadi kawasan yang indah dan megah akan segera terwujud.

Salah satu langkah penting yang mesti dilakukan yakni memindahkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jember yang lokasinya tidak jauh dari alun alun, menjadikan gedung lapas yang ada saat ini sebagai museum dan gedung seni.

Bupati memberikan dukungannya terkait pembangunan lapas di Sumbersari, karena Pemkab Jember sendiri ke depan memiliki program untuk memindahkan pusat pemerintahan ke Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, disampaikan Bupati saat audiensi bersama Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Jember, Sarwito.

“Pembangunan lapas di Sumbersari silahkan dilanjutkan kembali, karena Pemkab Jember memang akan memindahkan pusat Pemerintahan ke Bintoro. Dan nantinya di sekitar alun-alun, akan kita bentuk wajah Jember yang megah,” jelas Hendy.

“Pembangunan Lapas yang baru tersebut, kami siap mendukung, apa yang perlu kita dukung silakan disampaikan ke kami,” sambung Bupati Hendy.

Bupati H Hendy Siswanto, menerima silaturahmi dengan Plt Kalapas Jember, Sarwito di pendopo.

Kondisi Lapas Jember

Dalam kesempatan tersebut, Kalapas Jember memaparkan kegiatan lapas dan para warga binaan yang ada di Lapas Klas II A Jember.

Kondisi Lapas Jember saat ini sudah melebihi kapasitas, dari kapasitas sebenarnya 390 orang, sekarang terisi 880 orang.

Kalapas Jember menyampaikan terima kasih dan menyambut baik dukungan yang diberikan Bupati, karena kondisi Lapas kurang layak akibat over kapasitas.

“Terima kasih, untuk tanah kami memang sudah ada di Sumbersari, personil juga sudah ada, tinggal kita pindah gedung saja, dan kami akan segera menindaklanjutinya,” ujar Kalapas.

Plt. Kalapas Jember Sarwito menggantikan Kalapas Jember sebelumnya Yandi Suyandi yang telah memasuki purnatugas.

Sarwito sebelumnya menjabat Kepala Lapas Klas IIB Bondowoso.

Sebagai pejabat baru di Kabupaten Jember, Sarwito memohon petunjuk, arahan serta sinergi kepada Bupati Jember.

“Mohon ijin bapak Bupati, kami sebagai warga baru di Jember memohon dukungan, arahan, serta kolaborasi dari Bapak Bupati supaya ke depannya kami lebih baik,” ungkap Sarwito.

Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto menyambut baik dan menyatakan siap mendukung Lapas Jember lebih baik ke depannya.

Di masa pandemi Covid-19, Bupati Hendy meminta komitmen Lapas untuk turut serta menyukseskan langkah pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi ini.

“Kami ingin penghuni Lapas juga vaksinasi,” kata Bupati Hendy.

Bupati Hendy juga berpesan agar kondisi lingkungan Lapas selalu bersih sehingga warga binaan bisa terhindar dari penyakit./// Fabby Ghani

Headline