Bupati Hendy Suport KJI PEDULI, Buru Desa Yang Minim Vaksinasi

Bupati Hendy Suport KJI PEDULI, Buru Desa Yang Minim Vaksinasi

jareku.id

KOMUNITAS Jurnalist Independen (KJI) Jember berkiprah nyata. Melakukan vaksinasi di lokasi atau desa yang minim capaian vaksinasi. “Suport Bupati Jember pada kelompok kami cukup melecut semangat,” tegas M. Ali Machrus, Ahad, 21 November 2021).

Dari 750 dosis pfizer yang disediakan baru 450 terpakai. Menurut Ali Machrus, itu sebagai cermin betapa relatif sulit mengajak kebaikan masyarakat di level grassroot . Apalagi jika soal pandemi ini dipolitisasi.

Kepeduloan KJI Jember ini SDH beberapa kali melakukan bahakti sosial pada masyarakat. Sesuai momentun dan situasi. Kemarin vaksinasi di Desa Menampu Kec. Gumukmas. Senin (22 November) besok kegiatan yg sama akan digelar di lokasi wisata Dira Balung.

Secara tidak langsung inisiatif Bhakti giat KJI ini bagian dari kpedulian sosial dan juga membantu pemerintah dan masyarakat untuk mempercepat capaian vaksinasi.

Jember sebagaimana diketahui capaian vaksinasi, kata Ali Machrus, masih dibawah 60 persen. “KJI Jember bulan ini memasuki usia ke 3 nya, melakukan road show vaksinasi di beberapa desa dengan melibatkan pemerintah desa setempat dan juga komunitas kepemudaan sekitar,” ujarnya.

Vaksinasi yang digelar di Desa Menampu, KJI bekerjasama dengan Serikat Tani Laskar Sholawat Nusantara (LSN). Vaksinasi jenis Pfizer dosis 1 dengan sasaran 750 warga.

Untuk menarik minat warga agar ikut vaksin, KJI dan LSN menyiapkan berbagai doorprize, diantaranya peralatan pertanian, bibit tanaman buah-buahan dan berbagai hadiah lainnya.

“Kami ingin kabupaten Jember ini bisa new normal atau paling tidak bisa Level,1 lagi dimana untuk mencapai target tersebut, capaian vaksin harus 70 persen, dan ini bentuk kepedulian kami dalam membantu pemerintah untuk menyehatkan warganya,” ujar Rochul Ulum salah satu pengurus KJI Jember.

Ulum yang biasa dipanggil Pitik oleh sesama jurnalis di Jember ini juga mengatakan, bahwa kegiatan vaksin tidak hanya sekali, tapi akan terus dilakukan ke beberapa desa yang capaian vaksinasinya masih rendah.

“Kami akan terus keliling memburu ke beberapa desa yang capaian vaksinasinya masih rendah, bahkan jika tidak ada halangan, Senin 22 November besok, kami juga akan menggelar vaksin di Dira Balung, untuk di Dira Balung nanti kami bekerjasama dengan Pemilik Dira dan juga RSUD Balung,” ujar Pitik.

H. A’an Rofi’i selaku Kepala Desa Menampu Gumukmas menyampaikan rasa terima kasihnya atas diselenggarakannya vaksin di desanya, hal ini selain beberapa warganya belum divaksin.

“Alhamdulillah kami sangat senang dengan kegiatan vaksin ini, sebab banyak warga kami yang belum vaksin, apalagi ini teman teman Laskar Sholawat mensupport dengan memberikan doorprize, sehingga bisa menjadi daya tarik sendiri bagi warga kami,” ujar A’an.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto dalam kesempatan sebelumnya menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan vaksin yang dilakukan oleh KJI Jember, bahkan pihaknya merasa terbantu dan mendorong kepada KJI untuk terus mendukung capaian vaksinasi.

“Saya senang dan mendukung penuh kegiatan vaksin yang dilakukan oleh teman-teman KJI, karena tanpa ada pedulian komunitas komunitas seperti KJI ini, mustahil capaian vaksin bisa terpenuhi sesuai target dan waktu,” ujar Bupati saat bertemu dengan sejumlah anggota KJI di Pendopo Wahyawibawa beberapa waktu lalu.

Bahkan Bupati juga berpesan, agar niat membantunya bukan niat membantu Bupati, tapi diniati untuk membantu warga Jember. “Jangan niat membantu Bupati, tapi niatilah untuk membantu masyarakat Jember, karena ini untuk kemajuan Jember, bukan untuk kemajuan saya pribadi sebagai Bupati,” pesan Hendy. /// Ghani.

Uncategorized