CAPAIAN VAKSINASI JATIM SUDAH 60% DOSIS.1, Wagub Emil Dardak: Lansia Masih 42%, Harus Dipercepat Targetnya

CAPAIAN VAKSINASI JATIM SUDAH 60% DOSIS.1, Wagub Emil Dardak: Lansia Masih 42%, Harus Dipercepat Targetnya

jareku.id

LUMAYAN berhasil. Target vaksinasi di Jawa Timur mencapai 60% untuk Dosis.1 (pertama) secara umum. Namun warga lansia baru 42%. Target vaksin untuk usia lanjut ini yg akan dipercepat perolehannya.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, menyampaikan hal itu saat sidak dan mengecek vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jember, Sabtu siang (13 November 2021). Kehadiran Wagub Emil Dardak di Jember disambut dan didampingu Wabup Gus Firjaun Barlaman.

Warga semangat bervaksinasi

“Alhamdulillah, untuk keseluruhan capaian vaksin di Jatim ini sudah diatas 65 persen untuk dosis pertama. Untuk dosis yang kedua, perlu diperketat dengan mendisiplinkan masyarakat, agar tidak lupa untuk melakukan vaksin,” tegasnya.

Dtambahkan, masyarakat di Jatim dan warga Jember tidak lalai vaksinasi. Terutama dosis keduanya juga tidak lupa harus disiplin melakukan dosis kedua. Jadi tempat – tempat vaksin massal seperti ini, nanti juga harus di-schedule dosis kedua,” jelasnya.

Meski demikian, untuk capaian dosis kedua di Jawa Timur, perlu dikebut kembali. Sebab masih di bawah 50% akibat sejumlah kabupaten yang sangat rendah perolehannya

“Dan yang tak kalah penting adalah lansia, disitu masih ada PR (pekerja rumah tangga karena untuk lansia kita masih harus genjot kembali, sebab kita berada di 42 persen. Sehingga akan digenjot kembali dan dibeberapa kabupaten masih rendah dan Kita pengen genjot supaya mereka bisa mencapai idealnya 60 persen bahkan lansia,” tutur Wagub Emil Dardak.

Banyak stakeholder yang berpartisipasi melakukan vaksinasi, termasuk Pemuda Muhammadiyah Cabang Mangli

Ditegaskan pula vaksinasi di Jatim sendiri, masih terus berlangsung dan permintaan vaksin masih terpenuhi.

“InsyaAllah sampai hari ini segala permintaan vaksin bisa dipenuhi, memang ada yang mempertanyakan jenis vaksinnya apa dan pada intinya segala jenis vaksin sudah mendapatkan legal dari BPOM dan kita yakinkan kepada masyarakat semuanya memberikan perlindungan yang memadai,” tutupnya.

Percepatan vaksinasi Covid – 19 terus berlangsung di kawasan Jember kota maupun di puskesmas nonJember. /// Ghani

Headline