Dampak Positif Bermedsos, Bupati Hendy Kembali Gaungkan Hendak Wujudkan Smart Village

Dampak Positif Bermedsos, Bupati Hendy Kembali Gaungkan Hendak Wujudkan Smart Village

JEMBER – jareku.id: Kota Cerdas dan Desa Pintar kembali digaungkan Bupati Jember H. Ir. Hendy Siswanto. Hal itu disampaikan kala menjadi pemateri zoom meeting Literasi Digital yang digelar Kementerian Kominfo RI, Selasa (22 Juni 2021).

Program dengan slogan “Indonesia Makin Cakap Digital” ini merupakan langkah Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan talenta digital demi kemajuan Indonesia ke depan. Dalam sesi literasi digital bertajuk “Dampak Positif Bermedia Sosial” tersebut, ada 4 narasumber menyampaikan tema mengenai Cakap Bermedia Digital, Etika Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital dan Budaya Bermedia Digital, Bupati Jember Hendy Siswanto bertindak sebagai Key Opinion Leader.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jember Hendy menyampaikan langkahnya untuk mewujudkan Kabupaten Jember menjadi “kota pintar” atau smart city dengan slogan Wes Wayahe Jember Bangkit dan Cakap Digital.

Bupati Hendy akan memulai langkahnya dengan membentuk desa pintar atau smart village. “Kalau desanya pintar, maka kotanya pun juga pintar. Nah di sini kami mengawali penyelenggaraan pemerintah dengan pemanfaatan digital atau e-Governance dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Jember,” paparnya.

Adapun program yang dibangun dalam e-Gov. Pemkab Jember di antaranya pertama, Jember Satu Data dimana semua data di pemerintahan Kab. Jember Terintegrasi jadi satu. Baik secara sistem maupun aplikasinya.

Kedua, Smart Governance akan membangun sistem pemerintahan yang terintegrasi baik secara sistem maupun kinerja sehingga dapat mempermudah pelayanan dan pengawasan kinerja pmerintahan.

“Ada 6 aspek smart city di antaranya smart living, smart economy, smart branding, smart environment, smart society dan smart governance,” urainya.

Untuk mewujudkan semua itu, Bupati Hendy mengundang seluruh pegiat IT, akademisi, masyarakat umum serta sektor swasta untuk berkolaborasi.

Acara literasi digital tersebut terselenggara sukses. 2.145 peserta mengikuti acara ini, dengan rincian 1000 peserta melalui rapat zoom, selebihnya mengikuti streaming…

Sebagaimana diketahui sebelumya. Program smart village/city sudah kerap disampaika. Haji Hendy saat kampanye pilkada silam. Program tersebut merupakan unggulan yang tertuang dalam visi misinya. Jadi programnya sinergi dengan program kementrian Kominfo RI. /// Ghani, Fabby

Uncategorized