DESA BERSERI DAN EKOPESANTREN JADI PRIORITAS JEMBER, Ponpes Al Baitul Hikmah Masuk Nominasi 10 Besar se-Jatim

DESA BERSERI DAN EKOPESANTREN JADI PRIORITAS JEMBER, Ponpes Al Baitul Hikmah Masuk Nominasi 10 Besar se-Jatim

jareku.id

PROGRAM Desa Berseri dan Ekopesantren akan menjadi prioritas berikutnya oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (KDLH) Pemkab Jember.

Kebijakan program ini dilakukan setelah DKLH berhasil megantarkan 4 lembaga pendidikan menjadi adiwiyata. Kini kedua program itu akan digencarkan. Dan kegiatan itu berkorelasi dengan pelestarian lingkungan. Program baru bertitel Desa Berseri dan Ekopesantren ini juga diharap berhasil membawa nama harum Jember.

“ Antusiasme dan tanggapan dari stakeholder yang ada begitu luar biasa,” ujar H A Fauzi, Kepala Bidang Tata Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Jember, beberapa waktu lalu.
Senada dengan sejumlah Narsum yang dihubungi Selasa petang (30 November 2021).

Program Desa Berseri yang dicanangkan tahun 2021 ini, nantinya akan menjadikan desa mempunyai kontribusi nyata terhadap pelestarian lingkungan. Begitu pun dengan pemerintahan desa diharapkan juga memiliki program terkait pelestarian lingkungan.

“Tap-tiap desa harus mempunyai kontribusi nyata, tiap pemerintahan desa juga harus mempunyai program terhadap pelestarian lingkungan. Khususnya bagaimana menjaga pepohonan yang ada di desanya masing-masing,” jelasnya.

Sementara mengenai program ekopesantren yang juga menjadi perhatian dalam upaya pelestarian lingkungan, Fauzi menjelaskan, bahwa salah satu pesantren di Jember yang sejak lama menaruh perhatian terhadap upaya pelestarian lingkungan, saat ini masuk 10 besar dalam penilaian Ekopesantren. Pesantren tersebut adalah Al Baitul Hikmah, Kecamatan Tempurejo.

Sukses menjadi 10 Besar dalam penilaian Ekopesantren se Jawa Timur yang diraih pesantren ini, menyusul keberhasilan serupa yang dicapai MTs Al Baitul Hikmah dalam penilaian lembaga pendidikan Adiwiyata. Bersama SMPN 1 Tanggul, SMPN 1 Balung, SMPN 1 Sumberbaru, MTs Baitul Hikmah Tempurejo yang berada dalam satu naungan dengan Ponpes Al Baitul Hikmah saat ini tercatat sebagai lembaga pendidikan Adiwiyata.

“Ponpes Al Baitul Hikmah Tempurejo menjadi nominasi lomba ekopesantren tingkat Provinsi Jatim dengan masuk 10 besar, dalam minggu ini kita menunggu hasil penilaian tersebut. Kita optimis untuk menjadi juaranya,” ucap Fauzi, meyakinkan. /// Ghani, Fabby

Uncategorized