HARI TANI NASIONAL, Bupati Hendy Sanjung Munculnya Petani Digital di Era Pandemi

HARI TANI NASIONAL, Bupati Hendy Sanjung Munculnya Petani Digital di Era Pandemi

jareku.id Kalangan petani Jember umumnya sudah maju. Ini terbukti tidak sedikit petani di masa pandemi ini sering mengikuti kegiatan aktualisasi secara digital.

Sanjungan tersebut dilontarkan Bupati Hendy Siswanto dalam peringatan Hari Tani Nasional di aula PB. Sudirman Pemkab Jember, Kamis (23 September 2021).

Bupati Hendy Siswanto bersama kolega Sekretariat Tani Independen (SEKTI) antusias melakukan peringatan itu. Lantaran masyarakat Jember yang petani cukup dominan.

” Petani dari Sekti ini mewakili teman-teman petani seKabupaten Jember. Ada yang dari petani milinial, KTNA, HKTI, serta mewakili pihak-pihak yang terkait dengan para petani yang ada. Ini juga merupakan inisiasi dari M Jumai, ketua Sekti Jember untuk melalukan kegiatan Paringatan Hari Tani Nasional, baik secara daring maupun yang datang langsung di Aula PB Sudirman Pemkab Jember,” katanya.

Ini memunjukkan, lanjut Bupati Hendy, para petani sudah top semua dapat melalukan kegiatan digital dengan cara daring bersama-sama. Hal ini tidak mengurangi semangat untuk memajukan petani Jember secara bersama-sama.

Bupati Jember bertekad mengawal petani Jember bersama-sama pak Jumangin dari Sekti karena petani ini merupakan kekuatan ekonomi yang tidak mungkin dilupakan. “Potensi Jember salah satunya memang dari sektor pertanian,” tegasnya.

Terkait pertanyaan wartawan adanya banyak.lahan pertanian yang saat ini beralih fungsi, menurur Bupati Jember, setuju jika lahan-lahan produktif jangan dialih fungsikan. “Dari dulu sudah ada larangan lahan subur pertanian untuk berubah fungsi,” cetusnya.

Oleh karena itu, para petani diminta agar memberikan kesadaran pada semua pihak untuk tidak melakukan alih fungsi lahan pertanian produktif.

Terkait adanya upaya petani yang memproduksi pupuk organik, bupati akan membantu dan mendukungnya sebab kebutuhan pupuk dari Mentan yang ada masih sangat kurang, cuma ada separuhnyoa dari kebutuhan pupuk yang diperlukan petani.

Sementara dalam kesempatan yang sama M.Jumain selaku ketua Sekti mengungkapkan ucapan terimkasihnya karen bupati Hendy Dan ketua BPN Jember sudah memfasilitasi atas pelaksanaan peringatan Hari Tani Nasional di Jember.

Menurut Jumain, Jember sudah ada surat keputusan Gugus Reforma Agraria yang ditanda tangani oleh Bupati Ir. Hendy Siswanto. /// Ghani

Headline