Kontestasi Pilkades Serentak Kian Seru, Bupati Hendy: Hindari Kerumunan

Kontestasi Pilkades Serentak Kian Seru, Bupati Hendy: Hindari Kerumunan

jareku.id

DINAMIKA kontestasi pemilihan kepala desa di Jember kian seru. Apalagi diselenggarakan secara serentak Kamis besok (25 November 2021).

Pemilihan orang nomer satu di 59 desa tersebar di 25 Kecamatan di Jember. Dinamika “politik pedesaan” ini jadi cermin perpolitikan tingkat atas. Bahkan suksesi desa ini terkesan “lebih bergengsi”. “Yaahh…seperti itulah yang saya amati,” tutur Wakik, S.H. mantan anggota DPRD Jember dari Fraksi PKB.

Karena Pilkades ini, lanjut Wakik, dinamis maka antisipasi pengamanannya juga harus ekstra hari hati. Terlebih masih dalam situasi pandemi.

Supaya tak menjadi cluster penyebaran Covid-19, Bupati Jember H. Hendy Siswanto mengingatkan kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan. Terlebih sampai saat ini Jember masih dalam PPKM Level 3 karena capaian vaksinasinya masih di bawah 70%.

Jadi Bupati Hendy mengimbau masyarakat yang desanya menggelar Pilkades, agar tidak berkerumun, usai nyoblos langsung pulang saja. Soal hasil percayakan kepada panitia. Bupati Hendy memimpin langsung apel pasukan Satpo PP, Rabu (24 November 2021).

Dijelaskan pula bahwa Pilkades tahun 2021 ini berbeda dengan pelaksanaan pilkades sebelumnya. Jika sebelumnya pelaksanaan dipusatkan di satu tempat. Sekarang Pemkab menggelar dengan membagi tempat coblosan dengan sistem TPS (Tempat Pemungutan Suara) di beberapa titik.

“Yang jelas nanti Satpol PP bersama dengan Linmas dan aparat terkait, akan mengatur warga dalam melakukan pencoblosan dengan jaga jarak, selain itu, undangan untuk warga yang punya hak pilih, juga dibagi menjadi 3 sesi, dengan cara ini, Insya Allah tidak ada kerumunan,” tambah Bupati.

Dengan pelaksanaan Pilkades diatur seperti itu kondisi Kabupaten Jember tetap kondusif, yang terpilih agar tidak Jumawa dan yang kalah bisa legowo.

“Untuk calon yang terpilih nanti, agar tetap menghormati yang belum terpilih, anggap terpilihnya dalam Pilkades karena sudah gilirannya, dan yang kalah akan mendapatkan kesempatan pada Pilkades berikutnya, dan masih bisa mengabdi ke masyarakat dengan cara yang lain,” pungkasnya.

Selain memberikan amanat dalam apel pasukan Satpol PP Pemkab Jember, dalam kegiatan apel yang digelar di depan kantor Pemkab Jember ini, Bupati juga menyerahkan seragam dinas baru bagi Satpol PP, Linmas dan Damkar, harapannya, dengan adanya seragam baru, bisa memberikan rasa percaya diri lebih terhadap Satpol PP, dan Linmas dalam menegakkan Perda. /// Ghani.

Headline