Mabuk dan Masuk Rumah Kosong, Warga Balung Kulon Dimassa

Mabuk dan Masuk Rumah Kosong, Warga Balung Kulon Dimassa

JEMBER, BP – Warga Dusun Krajan Kidul Desa Gumelar Balung Jember, Selasa (14/4/2020) sore digegerkan dengan aksi massa terhadap seseorang, belakangan diketahui bernama EH warga Dusun Krajan Tengah Desa Balung Kulon Balung Jember, saat masuk ke rumah dalam kondisi kosong dikarenakan ditinggal keluar penghuninya.

Informasi yang berhasil dihimpun dilokasi kejadian, EH kepergok warga ketika masuk ke dalam rumah kosong, karena takut ada aksi pencurian, warga yang memergoki menyampaikan ke warga sekitar, kemudian oleh warga EH ditangkap, saat diinterogasi warga, EH tidak tidak mau menjawab, bahkan cenderung ngelantur.

“Tadi saya dapat informasi, kalau ada warga yang masuk ke rumah kosong, kemudian warga yang mengetahui menyampaikan ke warga yang lain, sehingga warga mendatangi rumah itu, dan pelaku terpergok didalam, ketika ditanya oleh warga, pelaku jawabnya ngelantur, sehingga warga marah dan memukulinya,” ujar Siswanto Kasun Krajan Kidul Desa Gumelar saat diwawancarai.

Karena tidak ingin terjadi apa-apa, pihaknya langsung melaporkan ke Mapolsek Balung dan mengamankan pelaku. “Beruntung pihak kepolisian segera datang, sehingga pelaku bisa segera diamankan, dan sekarang pelaku sudah diamankan di Mapolsek Balung,” ujar Siswanto.

Saksi lain mengatakan, dalam kejadian sebenarnya, EH diketahui pertama kali oleh warga sekitar masuk melalui pekarangan yang ada di belakang rumah tersebut, karena gerak geriknya mencurigakan, pelaku ditegur dan dipanggil, tapi justru lari dan masuk ke dalam rumah.

Karena ada rasa khawatir, warga tersebut menghubungi tetangga yang lain, kalau ada orang mencurigakan masuk ke rumah yang dijadikan usaha sablon. “Saat saya mau masukkan sapi (ke kandang, Red) saya dengar seperti suara pagar bambu dirusak. Saya lihat dia (EH, Red) dengan tingkah mencurigakan. Saya lalu panggil dia, tapi dia malah lari masuk ke dalam rumah,” terangnya.

Sementara Kapolsek Balung AKP. Miftahul Huda, kepada media ini membenarkan adanya penangkapan warga yang kepergok masuk ke rumah kosong, saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terhadap pelaku dan mengamankan di Mapolsek.

“Tadi ada warga yang lapor, dan kami langsung mengamankan pelaku, cuma saat kami interogasi, pelaku ngelantur, ditanya ‘ngidul’ jawabnya ‘ngalor’, jadi tidak nyambung, setelah kami cek, ada bau alkohol dimulutnya, kemungkinan pelaku dalam kondisi mabuk, dan kami juga tidak menemukan barang bukti curian dari rumah yang dimasuki pelaku, namun kami masih akan memeriksa lagi, kalau kondisi pelaku sudah sadar dari pengarus alkohol,” ujar Kapolsek Balung AKP. Miftahul Huda.

Sejauh ini, untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, Kapolsek menambahkan, bahwa pihaknya selalu rutin melakukan patroli dan melakukan koordinasi dengan jajaran TNI dan juga perangkat desa se Kecamatan Balung, baik darat maupun udara melalui alat Handy Talkie (HT).

“Saat ini kami selalu koordinasi dengan TNI dan juga perangkat desa, bahkan setiap malam diatas jam 12, kami selalu patroli udara dengan saling melaporkan situasi kamtibmas di wilayah masing-masing, karena seluruh pemerintah desa di Balung memiliki fasilitas ini,” pungkas Kapolsek. (*)

Destinasi Wisata Headline Nasional