Masyarakat Harus Imbangi, Tahun 2022 Jember Sudah Terapkan SPBE

Masyarakat Harus Imbangi, Tahun 2022 Jember Sudah Terapkan SPBE

jareku.id

ERA kemajuan yang progresif. Tidak bisa dihindari. Tapi harus diikuti dan diimbangi.
Bupati Haji Hendy menargetkan birokrasi Pemkab Jember akan menerapkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) pada 2022.

Seperti dilansir sumber resmi jemberkab.go.id 27/9/2021, Ini kemajuan langkah digital yang niscaya. Oleh karena itu, Pemkab Jember mendatangkan tim dari Anugerah Pratama yang telah berpengalaman mendampingi sejumlah jajaran pemerintah daerah dalam penerapan SPBE. Ini berlaku di semua lini aktivitas birokrasi pemerintahan.

“Terus terang ini menjadi penting bagi kita semua, dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik ini akan menyelematkan kita semua. Kita dalam tugas sehari-hari dan tanggungjawab kita akan lebih ringan dan keamanannya lebih bagus daripada sistem bekerja pemerintahan secara konvensional,” kata Bupati Hendy Siswanto.

Meskipun kita bekerja dengan baik, lanjut Bupati Hendy, tapi setelah diperiksa ternyata ada yang kurang pertanggungjawabannya maka tetap akan berdampak buruk bagi diri sendiri. Oleh karenanya penting dalam mengamankan seluruh aktivitas dan semua pekerjaan.

“Nah apabila sudah ada sistemnya, bukti dari setiap pekerjaan kita bisa lebih aman lagi,” jelas Bupati Hendy.

Bupati Hendy Siswanto menceritakan pengalamannya saat dulu menjadi seorang ASN di Ditjen Perhubungan Darat dan Ditjen Perkeretaapian, dirinya sering dituduh menggelapkan anggaran yang nilainya besar, namun karena dirinya rutin mengamankan bukti pekerjaannya maka tuduhan itu tidak terbukti.

“Nah dari cerita ini maka sistem berbasis elektronik in bersifat wajib sudah, karena kami harus mempersiapkan diri untuk mempertanggungjawabkan pekerjaan kita. Bahkan setelah kita sudah tidak menjabat lagi. Kalau masih menjabat lumrah masih punya berkasnya, tapi kalau kita sudah pensiun bagaimana jika ada yang mempertanyakan pekerjaan kita sedangkan bukti pekerjaan kita ternyata hilang. Maka dari itu sistem ini sangat penting, dan sistem ini mengintegrasikan seluruh pejabat mulai dari sekda hingga paling bawah,” pungkasnya. (ipf) /// Ghani

Uncategorized