Menko Marvest LBP Responsif pada Bupati Hendy yang Proaktif Berupaya Kembangkan Potensi Pantai Selatan

Menko Marvest LBP Responsif pada Bupati Hendy yang Proaktif Berupaya Kembangkan Potensi Pantai Selatan

jareku.id

IKHTIAR Kabupaten Jember mengembangkan potensi pesisir laut selatan kali ini sangat serius. Upaya ini terlihat dari kegigihan Bupati Hendy Siswanto melangkah pada tahapan untuk mewujudkan rencana tersebut.

Setelah kerap jadi topik viral karena Bupati Jember mensosialisasikan rencana pengembangan Pantai Selatan. Lalu pemetaan kawasan pesisir harus “bersih” dari usaha2 tambak udang, dibagikan sertifikat, bahkan sidak pada 18 investor tambak ilegal hingga menyuruh bongkar jembatan bambu.

Kegigihan Bupati Hendy Siswanto itulah yang membuat Menko Maritim dan Investasi (MARVEST RI) Luhut Binsar Pandjaitan, simpati. Menyambut positif Upaya Pengembangan Potensi Kelautan Kabupaten Jember, Jumat (8 Oktober 2021).

“Rencana pengembangan potensi Pantai Selatan Puger dan sekitarnya sepanjang kurang lebih 100 km mulai dari Bandealit sampai perbatasan pantai Kencong dan Lumajang, sudah ada sejak bupati bupati sebelumnya. Tapi Bupati Hendy sepertinya jauh lebih serius dan greget untuk mewujudkannya,” komen Mohammad (67), salah satu tomas Desa Puger Wetan, Jumat (8/10) malam.

Sebagaimana dilansir jemberkab.co.id harapan agar Kabupaten Jember segera bangkit mengejar ketertinggalan pembangunan lintas sektor, disampaikan langsung oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan kepada Bupati Jember Hendy Siswanto, saat menemuinya.

Hal ini disampaikan saat Menko Marvest RI Luhut BP menerima kunjungan kerja koordinasi Bupati Hendy pada Jumat petang (08/10/2021).
Selain agenda utama untuk melaporkan kondisi dan situasi Jember terkait pelaksanaan PPKM Jawa Bali, dibahas dalam pertemuan itu adalah kesiapan Pemerintah Kabupaten Jember dalam membangun dan mengembangkan potensi kelautan yang ada.

“Insyaallah pertengahan Oktober nanti, akan ada pembahasan teknis dengan mengundang pihak Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi,” ungkap Bupati Hendy.

Rencana pengembangan potensi kelautan yang dimaksud ialah pembangunan pelabuhan dan dermaga untuk angkutan barang dan perikanan.

“Pemkab Jember akan bekerjasama dengan investor untuk fokus pada pembangunan pelabuhan angkutan barang. Sementara Provinsi Jawa Timur akan fokus pada pelabuhan untuk perikanan dan nelayan. Ini merupakan sinergi dan kolaborasi yang tepat agar potensi kelautan di wilayah pesisir selatan Jember akan terdorong maksimal,” imbuh Bupati Hendy.

Bupati Hendy sendiri rencananya berada di Jakarta sampai hari Minggu besok untuk bertemu dengan stakeholder-stakeholder pusat.

Seperti “tidak tak kenal lelah” Haji Hendy terus berkegiatan rutin setiap hari di berbagai momen seperti yg diungkapkan jelang Pilkada kurang lebih 7-8 bulan lalu. Termasuk janji kampanye pengembangan potensi ekonomi pantai selatan./// Ghani.

Headline