Menkomarvest LBP Koordinasi Satgas Covid-19 Pemkab Jember, Target Prioritas Untuk Lansia

Menkomarvest LBP Koordinasi Satgas Covid-19 Pemkab Jember, Target Prioritas Untuk Lansia

jareku.id

VIRUS Corona masih mengancam kita semua. Kabupaten Jember demikian juga. Setelah pernah melejit di Level.1 beberapa hari, lalu kembali berkutat pada Level.3 sampai sekarang.

Sebab itu BupatiJember Ir.H.Hendy Siswanto di berbagai kesempatan selalu mengingatkan Satgas dan warga agar tidak lengah pada ancaman tersebut.

Bupati Hendy selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 bersama Dandim 0824 dan Kapolres Jember, mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa Bali secara virtual yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarvest) RI sekaligus Kordinator PPKM Jawa-Bali, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., Minggu (24/10/2021) dari ruang rapat Pendopo Wahyawibawagraha.

Menkomarvest Luhut BP beserta Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, Menteri Perdagangan, Menteri Parekraf, Menteri Kominfo, dan Kepala BNPB RI memberikan arahan kepada kepala daerah dan jajaran TNI-Polri yang ada di daerah.

Menko Luhut mengatakan, meski pandemi sudah mulai terkendali namun daerah harus tetap waspada. “Situasi pandemi Covid-19 tetap terkendali, tapi kita tidak boleh lengah, Indonesia kasus konfirmasi bulan Oktober kalau kita lihat data ini terus mengalami penurunan,” jelas LBP.

Sikon Jawa-Bali, katanya, kasus aktif angkanya terus menurun. Juga menurunnya angka reproduksi (Rt) Covid-19 yang terus menurun. Meski demikian Luhut meminta agar daerah tetap berhati-hati.

“Rt di Jawa-Bali terus menurun di bawah satu, ini mengidentifikasikan terkendalinya pandemi Covid-19, Jawa sudah 0,93, Sulawesi 0,95 dan Bali 0,98,” terang Menko Marvest Luhut.

“Tapi saya tidak bosan menyampaikan bahwa kita tetap harus berhati-hati,” tegasnya mengingatkan.

Dikatakannya, daerah harus melakukan akselerasi vaksinasi. Khususnya bagi para lansia untuk dapat ditingkatkan capaiannya.

“Akselerasi vaksin ini perlu dilakukan kabupaten/kota yang belum memenuhi target, terutama vaksinasi lansia,” pesannya.

“Jadi kita perlu hati-hati karena vaksinasi lansia dan vaksinasi kedua masih banyak yang belum memenuhi standar, itu sebabnya kriteria vaksinasi kita masukan,” tambahnya.

Luhut juga mengatakan bahwa terkendalinya pandemi dan penurunan kasus di banyak kab/kota mendorong kenaikan indeks komposit mobilitas. Maka pihaknya meminta daerah untuk jangan lengah.

Pihaknya juga meminta agar daerah dapat melakukan pengawasan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya minta teman-teman TNI, Polri, Satpol PP bahu-membahu melakukan pengawasan ini,” pesannya.

Luhut juga mengingatkan kepada pihak terkait untuk menyiapkan skenario-skenario antisipatif terkait adanya perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), sehingga pandemi ini tetap terkendali.

“Peningkatan mobilitas akan meningkat hingga puncaknya nanti di masa libur Nataru. Saya minta Panglima TNI, Kapolri, Menhub dan para Gubernur untuk mempersiapkan skenario pengaturan mobilitas dari sekarang untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus,” tegas Luhut. /// Ghani

Headline