Penyuluh Agama Hendak Optimalkan 97 MASJID KALIWATES Untuk Pemberdayaan Program MRD

Penyuluh Agama Hendak Optimalkan 97 MASJID KALIWATES Untuk Pemberdayaan Program MRD

jareku.id

PERUGAS Penyuluh agama Islam siap melakukan “empowering” terhadap 97 Masjid se wilayah Kecamatan Kaliwates. Targetnya, agar fungsi masjid kembali seperti era nubuwah.

Koordinator Penyuluh Agama Drs. Agus Faturahman dan Camat Bambang Saputro, S.H, M.H pada pada jareku.id, Selasa (19 Oktober 2021) mengakui, jika program pemberdayaan dan peningkatan fungsi masjid di wilayah Kaliwates itu sudah dimulai.

Launching program tersebut dilakukan di Masjid Baiturahman Perum Griya Mangli Indah beberapa hari lalu. “Jadi masjid tidak hanya untuk ibadah saja. Bisa untuk kegiatan produktif lainnya, sesuai syariat,” katanya.

Camat Kaliwates Bambang Saputro sangat mendukung program perbedaaan berbasis masjid. Masyarakat di lingkungan masjid akan semakin hidup sejahtera. “Apalagi pemberdayaan itu nantinya berkembang pada masyarakat lebih meluas,” tuturnya.

Pelaksanaan Launching pemberdayaan berbasis masjid ini berjuluk Mosque Resources Development Program (MRDP) di halaman Masjid Baitur Rahman Perumahan Griya Mangli Indah Kelurahan Mangli. Menurut Camat Bambang Saputro dengan dilakukan launching ini hendaknya masjid selain merupakan pilar utama dakwah Islam sejak zaman Rasululloh sekaligus menjadi pusat pengumpulan dan pembedayaan umat.

Dikatakan masjid memiliki beberapa fungsi strategis. Sebagai pusat sarana ibadah. Pusat pengembangan sosial ekonomi. Juga bisa di jadikan pusat pendidikan dan ilmu,” cetusnya.

Moment tersebut dihadiri pejabat Kemenag Jember, Muspika Kaliwates, Kepala KUA Kaliwates beserta staf.
Serta Tiga Pilar Kelurahan Mangli
Dan Pengurus Yayasan & Takmir Masjid Baitur Rahman. Juga warga atau masyarakat Griya Mangli Indah. Masjid Baitur Rahman GMI merupakan binaan khusus Penyuluh Agama Islam KUA Kec. Kaliwates. Tujuannya agar para Penyuluh bisa membantu dalam segala bidang untuk kemakmuran masyarakat sekitar. “Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan tertib tetap mematuhi prokes. Dalam masa pandemi ini kita wajib disiplin sampai virus Covid 19 hilang,” pungkas Ustadz Agus Faturahman.
/// Ghani

Headline