RAIH JUARA NASIONAL, SMP 1 KENCONG DINOBATKAN SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI

RAIH JUARA NASIONAL, SMP 1 KENCONG DINOBATKAN SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI

jareku.id

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI akhirnya menobatkan SMPN 1 Kencong sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ini seperti “hadiah” akhir tahun 2021. Serta menginspirasi usulan sekolah 170 sekolah yang siap dibina nuansa lingkungan hidup.

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Jember, Ir. H. Heru Eko Sunarso dan Kabid Tata Lingkungan, Ahmad Fauzy, S.Sos, M.Si yang dihubungi wartawan secara terpisah mengakui keberhasilan sekolah tersebut, Senin (27 Desember 2021).

“Semoga kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup tecipta di banyak sekolah. Kita wajib terus menerus membina,” tutur Ir H. Heru Eko Sunarno yang tetap bersemangat meski setengah tahun lagi purna.

Program Sekolah Adiwiyata, lanjutnya terbukti menciptakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan. Sekaligus bisa mewujudkan sumberdaya disekitar sekolah.

Menurut Kabid Tata Lingkungan, Ahmad Fauzi, S.Sos, M.Si, kepedulian siswa pada lingkungan dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tahun 2019 dibina satu sekolah Adiwiyata yaitu SMPN 1 Kencong yang berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional. Yang kemudian ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

SMPN 1 Kencong Kab.Jember peraih Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional
Tahun 2020 libur karena wabah covid. Tahun 2021 ada 3 sekolah pelopor Adiwiyata tingkat SD yaitu SDN Panti 3, SDN Kemuningsari Lor 02 Panti dan SDN Pakis 01 Panti. Sedangkan untuk Sekolah SMP ada 4 sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten yaitu SMPN 1 Sumberbaru,SMPN 1 Tanggul, SMPN 1 Balung dan MTS Baitul Hikmah Tempurejo.

Ahmad Fauzi mengungkapkan untuk tahun 2022 melalui seleksi Dispendik ada lonjakan usulan sekolah Adiwiyata kabupaten sebanyak 122 sekolah yang diusulkan ke Dinas Lingkungan Hidup. Sedangkan dibawah Kemenag ada usulan 48 sekolah/ madrasah. Total pada tahun 2022 yang akan dibina ada 170 sekolah Adiwiyata Kabupaten dan 4 sekolah Adiwiyata Pro kelestarian lingkungan hidup, sekolah adiwiyata mampu mencetak kader- kader adiwiyata.

Tahun depan 2022 Dinas Lingkungan Hidup Jember semakin banyak membina sekolah yang bernuansa lingkungan sekolah yang asri bersih lestari. ADV /// Ghani

Headline