Satgas Adminduk Desa Lojejer, Layanan Inovatif Satu-satunya di Indonesia

Satgas Adminduk Desa Lojejer, Layanan Inovatif Satu-satunya di Indonesia

JEMBER – _jareku.id_ : Upaya meningkatkan pelayanan pada masyarakat terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Setelah inovasi layanan lewat tagline “Wayan Adus Ketan” sekarang melaunching Satgas Adminduk di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan.

Satgas Adminduk ini satu-satunya di Jember bahkan mungkin di Indonesia? “Yang saya ketahui _ngaten_ nggak pernah tahu dan dengar Kades bikin Satgas Adminduk,” jawab Isnaeni Dwi Susanti, Plt. Kepala Dispendukcapil Jember pada _jareku.id_ , Rabu malam (16 Juni 2021)

Satgas tersebut, lanjut Isnaeni, memiliki tugas untuk mempercepat pelayanan masyarakat dalam menyongsong dan mensukseskan program kerja Bupati Jember Hendy Siswanto. Termasuk melengkapi program “Wayan Adus Ketan”. Pelayan Adminduk masyarkat Jember cukup di masing masing kecamatan.

Acara launching berlangsung di Balai Desa Lojejer, Rabu (16/6/2021) dihadiri langsung oleh Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti, Muspika Wuluhan dan Kades Lojejer sebagai tuan rumah.

Menurut Plt. Kadispenduk Isnaini Dwi Susanti, prinsipnya Pemkab Jember adalah pelayan masyarakat. “Pelayanan kependudukan tidak akan maksimal jika tidak ada satgas-satgas seperti ini. Dengan demikian diharapkan kemakmuran suatu daerah bisa dipercepat,” katanya.

Data kependudukan sangat penting bagi warga masyarakat. Sebagai identitas diri agar setiap kebijakan pemerintah, pusat maupun daerah dapat dinikmati demi kesejahteraan mereka.

“Tugas tugas pokok satgas Adminduk desa yaitu tangan penyambung Kades kepada masyarakat, untuk mempermudah pelayanan masyarakat, dan mempercepat masuknya data pelayanan segala hal di desa Lohjejer,” terang Kadispendukcapil itu.

Diklaim, satgas adminduk pedesaan itu yang pertama kali ada di Indonesia. Dengan adanya satgas adminduk pedesaan akan sangat membantu Dispenduk dalam pendataan.

Sementara itu Plt Camat Wuluhan, Drs Gatot Suharyono, M.Si, mengapresiasi kinerja Kades Lohjejer. “Ini menjadi inspirasi bagi desa lain di Wuluhan sehingga harapannya seluruh warga Wuluhan terlayani adminduknya,” pungkas Gatot.

Banyak tokoh masyarakat Jember dan pemerhati layanan publik berharap Satgas Adminduk serti di Lojejer juga segera muncul di desa desa lainnya se Kab.Jember. /// Fabby, Ghani

Uncategorized