Serapan Anggaran Pembangunan Cuma 25% Bupati Hendy Sentil OPD Agar Maksimal Serap Sampai Oktober

Serapan Anggaran Pembangunan Cuma 25% Bupati Hendy Sentil OPD Agar Maksimal Serap Sampai Oktober

JEMBER – jareku.id: Rendah serapan anggaran rupanya masih berlangsung hingga ganti rezim. Sejak beberapa tahun sebelumnya serap anggaran pembangunan sudah rendah. Sehingga anggaran tersebut dikembalikan. Ini secara tidak langsung merugikan rakyat.

Namun ketika rezim berganti Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto “melecut” sejumlah OPD untuk mampu menunjukkan kerja yang baik dan tidak ragu. Terutama dalam hal serapan anggaran APBD 2021.

Seperti dikabarkan sejumlah media online sebelumnya, hingga akhir Juni 2021, hanya mencapai 25 % dari yang seharusnya 45 %.

Serapan yang minimalis tersebut berbanding lurus dengan realisasi program pembangunan. Makanya Bupati Hendy minta OPD, lebih memacu kegiatannya dengan tidak ragu membelanjakan APBD yang sudah ditetapkan.
“Saya ingin Oktober 2021 ini anggarannya sudah dihabiskan,” tegas Bupati.

Secara tersirat Bupati Hendy memotivasi pejabat anak buahnya agar tak ragu melaksanakan kegiatan, yang sudah diprogramkan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

“Jangan ragu untuk membelanjakan, saya yang bertanggung jawab selama bapak dan ibu Kepala OPD masih dalam jalur yang benar, jangan menunggu intruksi atau petunjuk dari saya, pokoknya benar sesuai aturan silakan realisasikan, rakyat kita sudah menunggu,” desaknya di Pendopo Wahya Wibawagraha, Kamis. Namun hingga Senin (21/06/2021) dalam pengamatan belum tampak serapan yg progresif.

Khusus untuk dinas yang memiliki anggaran besar, bupati menginginkan penyerapan yang lebih signifikan. Misal Dinas Cipta Karya, Bina Marga, Pertanian, Holtikultura, Pendidikan dan Kesehatan.Evaluasi atas serapan anggaran setiap OPD ini akan dilakukan tiap bulan, untuk mengetahui sejauh mana realisasi anggaran. /// Ghani

Uncategorized