Setelah 30 tahun, Dekopinda Jember Akhirnya Bisa Bertemu Bupati

Setelah 30 tahun, Dekopinda Jember Akhirnya Bisa Bertemu Bupati

JEMBER – jareku.id :  Dekopinda Jember adalah lembaga gerakan koperasi yang otonom, yang bertugas memerjuangkan cita-cita gerakan koperasi Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota, menjadi wakil gerakan koperasi di dalam dan di luar negeri, serta berperan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi.

Namun, fungsi-fungsi penting tersebut selama ini seakan tidak bermakna karena kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah dan Bupati-bupati Jember sebelumnya. Setelah lebih dari 30 tahun, akhirnya Dekopinda Jember bisa langsung audiensi dengan Bupati Jember pada Minggu, 27 Juni 2021 kemarin untuk membangun sinergi.

Dilansir dari status facebook Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember Arismaya Parahita, mengutip pernyataan pernyataan Ketua DEKOPINDA Kabupaten Jember H Edy Sudarso Sip bahwa belum terbangun sinergi yang baik antara Dekopinda dengan Pemerintah Daerah.

“Saya 39 tahun hidup di Jember dan lebih dari 30 tahun aktif di Koperasi. Baru sekali ini Dekopinda bisa audiensi langsung dengan Bupati,” ujar Pak Edy Sudarso, Ketua Dekopinda Jember kepada Bupati H. Hendy Siswanto pada Minggu (27/06/2021).

Menanggapi pernyataan Edy, Bupati Hendy menegaskan bahwa Dekopinda mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui wadah Koperasi.

“Saya akan berkomitmen untuk mengawal koperasi ini,” ujar  Bupati Hendy.

Bupati Hendy menyampaikan tingkat kemiskinan di Kabupaten Jember masih tinggi sehingga dia berharap koperasi bisa eksis kembali. Hendy percaya dengan langkah yang  tepat  koperasi dapat menjadi penggerak penting perkonomian masyarakat Jember.

“Minimal setiap kecamatan ada satu koperasi yang dijalankan, bisa juga setiap desa dibentuk koperasi yang dipimpin kades. Kalau ini terbentuk, dan sistemnya serta usahanya bagus maka tidak akan sulit mendapatkan anggaran,” harapnya.

Menurut Bupati Hendy kehidupan koperasi saat ini masih lesu meskipun alokasi anggaran dari Kementerian Koperasi sangat tinggi. Oleh sebab itu, Hendy berharap dengan bersinergi dengan pemerintah daerah, Koperasi dapat memanfaatkan suntikan anggaran tersebut dengan baik.

“Dorongan pemerintah pusat itu, barangkali memungkinkan untuk kita manfaatkan,” pungkasnya.

Redaksi Sepekan