Setiap Hari Operasi Yustisi, Masyarakat Kota Semakin Rajin Prokes dan Memutus Matarantai Penularan Virus

Setiap Hari Operasi Yustisi, Masyarakat Kota Semakin Rajin Prokes dan Memutus Matarantai Penularan Virus

JEMBER – jareku.id Tiga wilayah kecamatan kota (Kaliwates, Sumbersari, Patrang) hampir tiap hari jadi sasaran pemantauan Satgas Covid 19. Terutama berkait dengan Operasi Yustisi di sektor hulu sebagai “ujung tombak” pelaksana program.

Bupati Hendy Siswanto dan Wabub Gus Firjuan, beserta Forkopinda Jember, Jumat (6 Agustus 2021) langsung menyasar ke Perumahan Mastrip Kec.Sumbersari. Selain melihat PPKM Makro SektorHulu yang bertempat di Balai RW di perumahan tersebut. Juga mengantisipasi pelanggar prokes yg semua lini masyarakat wajib Patuh.

Perum Mastrip dihuni oleh 4 RW sebanyak kurang lebih 1000 anggota keluarga. Awal pandemi perumahan Mastrip sempat menjadi masalah karena
Muncul klaster awal pandemi covid 19. Namun atas inisiatif warga berubah menjadi Kampung Tangguh. Menjadi pelopor gerakan melawan covid 19.
” Daerah Perumahan Mastrip awal bermasalah. Kini dikenal Kampung Tangguh Semeru” jelas bupati Hendy.

Meski begitu, lanjut bupati, semua warga harus tetap pegang prinsip prokes. apalagi disini masih ada 10 KK Isoman”, tambahnya.

Saat ini, Jember termasuk turun level 3 PPKM. Dampak, lebih terbuka sektor ekonomi. Lampu hidup. Diharapkan tidak lama lagi masuk Level 2, lebih terbuka lagi, lebih bebas lagi. Semua iktiar yang dilakukan bersama masyarakat akan membawa hasil lebih positip.

Bupati Hendy mengingatkan warga jangan sampai lengah. Perumahan Mastrip awalnya semua jalan masuk ditutup. Banyak warga protes. Bahkan dimedsos muncul caci maki dan buly. Namun atas upaya warga bersama dapat menjadi kampung tangguh yang banyak mendapat pujian. “Kalau ada apa-apa disini jangan langsung ke medsos, lebih baik datang ke Pendopo, ada saya siap menjadi penjaga Pendopo untuk melayani warga semua”, ungkapnya.

Sebelumnya, Operasi Yustisi PPKM Mikro Sektor Hulu di wilayah Kec. Kaliwates. Dilaksanakan mulai 5 Agustus 2021 berjalan lancar.

Tempat pelaksanan di Perumahan Bumi Mangli Permai Kel Mangli Kec Kaliwates.
Camat Kaliwates Drs. Bambang Saputro mengatakan Operasi Yustisi PPKM Mikro Sektor Hulu dilaksanakan secara serentak di 7 Kelurahan yang ada di Kec Kaliwates mulai tanggal 5 – 11 Agustus 2021.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya siaran keliling dalam rangka sosialisasi PPKM Level 3, swab antigen bagi warga yang kontak erat dan berdekatan dengan rumah warga yang melaksanakan isoman, pemberian bantuan sembako kepada warga yang isoman, dan Pemasangan bendera merah di depan rumah warga yang melaksanakan isoman.

Bambang Saputro menambahkan unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Yustisi PPKM Mikro Sektor Hulu pada setiap kelurahan yaitu Muspika Kaliwates beserta staf, 3 Kepala Puskesmas di Kec Kaliwates beserta staf, Lurah se Kec Kaliwates beserta staf,dan pengurus RT / RW yang menjadi titik sasaran Operasi Yustisi PPKM Mikro Sektor Hulu.

Adapun yang hadir dalam pelaksanaan Operasi Yustisi PPKM Mikro di Perumahan Bumi Mangli Permai, termasuk Bupati dan Wakil Bupati Jember, Kapolres Jember diwakili Kabag Ops Polres Jember, Dandim Jember diwakili Pasilog Kodim 0824 Jember, Kepala OPD terkait, Muspika Kaliwates, Kepala Puskesmas Mangli,Tiga Pilar Kel Mangli sèrta Pengurus RT / RW Perumahan Bumi Mangli Permai.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat berdampak positif bagi masyarakat yang sedang berjuang melawan wabah penyakit pandemi covid 19./// Ghani, Fabby

Redaksi Sepekan