Terus Bertambah, Jumlah Pemudik Yang Diisolasi di JSG Jember

Terus Bertambah, Jumlah Pemudik Yang Diisolasi di JSG Jember

JEMBER, BP – Jumlah warga Jember yang nekat mudik dari daerah zona merah, terus bertambah, hal ini seiring dengan jumlah penghuni yang diisolasi di Jember Sport Garden (JSG) sejak 10 April 2020 lalu, informasi yang diterima media ini, jumlah warga yang di isolasi di JSG saat ini jumlah sudah mencapai belasan orang.

“Sejak diaktifkan dua hari lalu, jumlah pemudik yang diisolasi terus bertambah, pada hari pertama ada 3 orang yang masuk isolasi pada pagi hari, kemudian sorenya bertambah dua, dan malamnya bertambah 5, sekarang sekitar ada 17 an mas,” ujar petugas kesehatan di pusat isolasi Jember Sport Garden.

Menurut petugas yang tidak mau disebut namanya, mereka yang diisolasi adalah warga yang masuk kategori ODR (Orang Sehat Dalam Resiko), mereka akan diisolasi selama 14 hari di JSG, untuk dipantau kesehatannya.

Gatot Triono, Kepala Dinas Infokom Pemkab Jember, saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa warga yang saat ini menjalani isolasi di JSG, merupakan warga yang pulang dari zona merah dan kategori ODR yang memaksakan untuk pulang dan juga suhu badan yang tinggi.

“Ada yang dari Bali, pekerjaannya sebelumnya ikut kapal pesiar, juga ada warga dari kota zona merah. Ya karena mungkin di perantauan tidak bisa bekerja, akhirnya daripada gak jelas nasibnya, pulang ke Jember. Tapi isolasi dulu di JSG selama 14 hari,” ungkapnya.

Selama menjalani isolasi di JSG, seluruh fasilitas akan dipenuhi oleh Pemkab Jember. “Pemkab tidak melarang warga untuk mudik, tapi jika dari zona merah, tentu harus menjalani isolasi terlebih dahulu selama 14 hari, setelah itu bisa pulang,” pungkasnya.

Sementara, sampai Minggu (12/4/2020) sumber dari Satua n Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten bertambah 1, sehingga tercatat total 3 orang dengan 1 pasien sudah sembuh, sementara jumlah PDP (Pasien Dalam Perawatan) 19 orang dengan rincian 12 orang dari Jember, 2 positif, 1 dalam perawatan, 8 dinyatakan sehat, 1 meninggal dan 7 orang dari luar Jember.

Sedangkan untuk  Orang Dalam Pemantauan (ODP) selama ini tercatat 824 orang dengan keterangan 468 ODP sudah dinyatakan sehat, sedangkan Orang Dalam Resiko (ODR) mencapai 9.369 orang dengan keterangan 5977 orang dinyatakan sehat setelah terpantau 14 hari, yang terpantau kurang dari 14 hari ada 3355 orang, dan yang belum terpantau ada 37 orang. (*)

Destinasi Wisata Headline