Ulama-Umaro’ Jember Sinergis dan Harmonis

Ulama-Umaro’ Jember Sinergis dan Harmonis

jareku.id – Hubungan Umara’ atau Pemerintah Kabupaten Jember dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat kian sinergis dan harmonis. Pagi tadi, Sabtu, 8 Mei 2021 09:00-10:00 Bupati dan Wakilnya mengaktualisasi momen Pelepasan Pembagian Sembako dari Komisi Pemberdayaan Umat MUI Jember.

Acara tersebut berlangsung di Toko Peralatan Rumah Tangga ‘Rindang Khatulistiwa’ di Jalan Kalimantan no. 23.
Bupati Haji Hendy Siswanto sangat antusias menghadiri undangan MUI itu. Pandangannya dengan MUI terhadap tantangan pembangunan Jember sama yaitu semakin berat. “Pemkab Jember dengan MUI harus bersinergi,” katanya.

Salah satu permasalahan klasik besar yang harus ditangani bersama yaitu soal kemiskinan dan MUI mewujudkan salah satu programnya yaitu pemberdayaan ekonomi umat. “Ternyata di MUI bukan saja mengurusi masalah keagamaan saja tetapi banyak hal lainmnya, termasuk ekonomi umat,” jelas Bupati.

Bupati Hendy berharap MUI bisa berkembang dan berperan aktif lebih besar lagi dari saat ini. Artinya MUI mengakar sampai ke dasar (ke seluruh lapisan masyarakat) bukan hanya di kabupaten tetapi sampai ke desa-desa.

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Jember, KH Abdul Haris, mengatakan, masalah ekonomi dan kemiskinan itu cukup serius. “Ada Hadits yang mengatakan, hampir saja yang namanya kefakiran itu menjerumuskan orang kepada kekafiran,” papar Ketua MUI yang baru beberapa bulan dilantik itu.

KH Haris menjelaskan arti luas kekafiran bahwa bukan hanya dari muslim menjadi kafir tetapi bisa jadi dari Islam Rahmatan Al-Amin menjadi Islam radikal, dari Islam yang pro Pancasila pro NKRI menjadi Islam yang anti Pancasila dan NKRI.

Ia mendorong setiap umat yang mampu untuk membiasakan diri memberi bantuan dan membagikan bahan kebutuhan sehari-hari bagi kaum duafa agar masyarakat menjadi kuat secara ekonomi.

MUI Jember akan berkomitmen dalam hal pemberdayaan umat. Diantaranya pada bulan Syawal nanti diadakan kegiatan pelatihan ketrampilan.

Pembagian sembako kali ini diperuntukan bagi 200 sasaran penerima di dua titik. (gni)

Headline