Update Terkini KMP Yunicee : 33 Selamat, 14 Hilang, 6 Meninggal

Update Terkini KMP Yunicee : 33 Selamat, 14 Hilang, 6 Meninggal

JEMBER – jareku.id: Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi sebanyak 33 penumpang Kapal Motor Penumpang atau KMP Yunicee. Sedangkan, 14 penumpang masih hilang dan 6 lainnya meninggal per Rabu, 30 Juni 2021.

Dilansir dari kantor berita Antara, Komandan Kodim Banyuwangi Letkol Infantri Yuli Eko mengatakan, data dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Gilimanuk, Bali, tercatat terdapat enam orang meninggal dan 14 lainnya masih hilang.

“Empat belas orang lainnya masih dalam pencarian,” kata Yuli Eko kepada wartawan di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, 29 Juni 2021.

Sementara itu, total jumlah penumpang kapal tersebut sebanyak 41 orang dengan 12 anak buah kapal (ABK). Hingga saat ini, tim belum bisa memastikan 6 orang yang meninggal tersebut ABK atau penumpang.

Kapal Mootor Penumpang (KMP) Yunicee tenggelam di selat Bali sekitar pukul 19.20 WITA. Kapal yang karam ketika hendak berlabuh di dermaga Pelabuhan Gilimanuk, Bali, tersebut membawa 41 penumpang.

Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan kapal tersebut karam ketika hendak dalam perjalanan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju ke Pelabuhan Gilimanuk.

“Kapal itu bergerak dari Ketapang menuju ke Gilimanuk. Kemudian informasi tenggelam kami dapatkan sekitar pukul 19.20,” ucap Adi Wibawa saat diwawancarai, Selasa (29/6).

Adi Wibawa menjelaskan kapal terebut karam tepat akan berlabuh di Gilimanuk. Namun, Adi menerangkan belum mengetahui apakah kabal tersebut sedang mengantre untuk bersandar atau tidak.

“Kami belum tahu [apakah lagi antre] karena lumayan agak jauh juga tenggelamnya,” ujarnya.

Berikutnya, Adi Wibawa memastikan bahwa seluruh badan KMP Yunicee telah tenggelam.

Lebih lanjut, Adi Wibawa menerangkan bahwa saat ini masih dilakukan evakuasi terhadap para penumpang kapal.

“Sekarang kita lagi fokus untuk evakuasi korban yang masih ada di laut,” tutur Adi Wibawa.

Informasi yang didapatkan menyebutkan, diduga perairan di selat Bali tersebut menyeret jauh penumpang KMP Yunicee. Oleh sebab itu, tim akan melakukan pencarian di Perairan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. // Fabby

Foto : Antara

Data Penumpang KMP Yunicee

Uncategorized