Wajib Patuh Instruksi Bupati Hendy, Dr. Sukarno: Preventif Lebih Baik Daripada Kuratif

Wajib Patuh Instruksi Bupati Hendy, Dr. Sukarno: Preventif Lebih Baik Daripada Kuratif

JEMBER, jareku.id : Intruksi Bupati Jember akhirnya dikeluarkan, Rabu (23 Juni 2021). Intruksi ini dikeluarkan secara khusus kepada seluruh jajaran Pemkab Jember. Terkait upaya antisipatif melonjaknya warga yang kena Covid-19. Mulai dari pejabat Sekda, Asisten, para pimpinan OPD, Camat, Lurah hingga RT/RW. Semua jajaran diwajibkan taat dan patuh.

Atas Intruksi Bupati Jember No.800/239/416/2021 pada dasarnya harus dipatuhi semua elemen masyaeakat. “Yaa…haria dipatuhi dengan 5 M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Me MB gurangi mobilitas. Karena preventif lebih baik daripada kuratif,” papar Ustadz Dr. Sukarno, dosen UIN Kiai Haji Ahmad Shidiq Jember pada jareku.id Rabu petang tadi.

Apalagi gejala virus tersebut sudah merambah dg klaster baru di lingkungan legislatif. Bahkan Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terhadap Nota Pengantar Keuangan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun Anggaran 2020 yang rencananya digelar siang hari ini, Rabu (23 Juni 2021) terpaksa ditunda.

Itu terjadi lantaran salah seorang anggota dewan yang ikut hadir pada rapat sehari sebelumnya dilaporkan positif Covid-19.
Akibatnya semua orang yang hadir di di DPRD pada rapat paripurna sehari sebelumnya harus menjalani tes swab antigen.

Bupati Hendy Siswanto, Wabup MB Firjaun Barlaman, pimpinan dan seluruh anggota DPRD menjalani tes swab antigen.

Juga sejumlah wartawan, 34 orang ASN, 3 orang pegawai K2, 6 pelayan di kesekertariatan turut swab antingen. Semuanya ada 106 orang.

”Bagian dari antisipasi maka semua yang hadir di gedung dewan ini kemarin menjalani swab antigen,” kata Bupati Hendy.

Secara terpisah, Ketua DPRD Jember Itqo Syauqi mengatakan kondisi DPRD terhitung sejak hari ini dinyatakan semi lockdown.
”Pimpinan sepakat menyatakan sejak usai tes swab DPRD Jember dinyatakan semi lockdown,” tuturnya. Sambil berharap Senin depan ada aktifitas lagi di DPRD Jember.

”Jadi kemungkinan Senin baru ada aktifitas di DPRD,” imbuhnya.

Anggota dewan yang dilaporkan positif adalah David Handoko Seto dari Komisi C fraksi Nasdem. David dan keluarga. /// Ghani, Fabby

Redaksi Sepekan